Strategi Formasi Sepakbola

  • May 4, 2020

Setiap pemain harus memainkan posisinya dengan baik dan kepercayaan teman-temannya untuk bermain positions. Ketika bola dikuasai oleh lawan di sekitar wajah kita, kita harus melakukan tekanan terhadap bola sehingga serangan mereka bisa kita istirahat atau setidaknya kita tarik. Adapun ketika lawan menguasai bola di daerah pertahanan mereka, kita juga harus melakukan tekanan terhadap bola sehingga kita dapat menangkap dan menguasai bola untuk kemudian mencetak gol. Jika pemain depan tim kami selalu berusaha untuk mencuri bola dikontrol oleh pemain belakang lawan. ketika tim kita kehilangan bola, maka tim kita harus beralih dari ‘serangan’ untuk ‘bertahan hidup’.

Taktik dinilai sebagai sebuah bagian penting dari persiapan dalam menyongsong pertandingan. Mereka yakin taktik bisa menjadi senjata ampuh guna mengatasi kekalahan fisik dan stamina dibanding dengan orang lain. Setiap tim yang terdiri dari sebelas orang harus memasukkan bola ke gawang lawan. Tim yang berhasil mencetak gol lebih banyak akan dinyatakan sebagai pemenang.

Pemain belakang terdiri atas bek kiri, bek kanan, libero dan stopper. Empat pemain penghubung terdiri atas sayap kanan, gelandang bertahan, gelandang serang dan gelandang kiri. Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya.

Ada 2 tim yang saling berhadapan dengan masing-masing 11 pemain. Untuk dapat mengalahkan lawan dibutuhkan seorang pelatih yang menjadi pengatur taktik, strategi dan formasi pemain. Peran pelatih sangat sentral dalam hal ini, bagaimana dia memilih formasi pemain, membuat taktik dan strategi untuk bisa mengalahkan lawan. Dalam strategi penyerangan, setiap pemain harus memahami dengan baik perannya dalam tim dan juga areanya dalam lapangan.

Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan. Atas dasar ini, pelaku sepak bola Italia mulai gemar memikirkan taktik dan pola permainan.

Ini akan lebih maksimal hasilnya ketika pemain terus berlatih sesuai perannya masing-masing juga. Dalam strategi ini, pengaplikasian dapat dilakukan kelompok maupun perseorangan di mana tujuannya adalah untuk menahan serangan dari tim lawan supaya tak kebobolan. Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula. Pola pertahanan ini terdiri atas empat pemain belakang, empat pemain tengah dan dua pemain depan.

Seorang gelandang jika ditentukan area pergerakannya sebatas pada area tengah lapangan, maka pergeraknnya tidak boleh sampai keluar dari daerah tersebut. Ia tidak boleh keluar dari areanya dengan terlalu bergerak maju atau mundur, juga terlalu menyamping ke kanan atau ke kiri dari area yang telah ditentukan tersebut. Hal ini juga berlaku sama untuk para pemain yang lainnya seperti beck, maupun striker. 2 atau lebih pemain dalam sebuah tim perlu melakukan pertahanan sekaligus penyerangan supaya mampu mencari kemenangan sehat dan sportif dalam sebuah pertandingan. Dengan melakukan tugasnya dan kerja sama yang baik, maka kemungkinan atau peluang untuk menang akan jauh lebih besar, baik ketika bertahan maupun saat ingin menyerang.

Nufail

E-mail : admin@tipsparaellas.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*